Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan

Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan

Lomba Bulan Ramadlan ::  Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan
Pengertian atau Definisi Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, atau ada juga yang menulis Ahlussunnah Wal Jama'ah secara lengkap sudah dibahas oleh saudara saya di Blog Jaib Najhan dalam postingan yang berjudul "Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah (ASWAJA)", namun saya juga akan menjelaskan mengenai Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah disini dengan cara yang sedikit berbeda dan juga mungkin bisa dikatakan lebih ramping, sehingga insya Allah akan lebih fokus dan juga lebih mudah dipaham oleh orang alim atau yang masih awam.

Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan

Ahlus Sunnah Wal Jama'ah dari tulisan arab (اهل السنة والجماعة).
اهل artinya: Keluarga, Ahli, Empunya, Yang Mendiami dan masih banyak arti lainnya.
السنة artinya: Perilaku, Jalan, Cara, Motode.
الجماعة artinya: Perkumpulan, Secara Berkelompok dan masih banyak arti lainnya.

Ini pembahasan secara lughawi saja, sedangkan maksud dari istilah "اهل السنة والجماعة" ialah kelompok orang yang mengamalkan sunnah Nabi dan juga hidup secara sosial dan jumlah banyak yang mana maksud awalnya ialah para sahabat nabi saw. sesuai dengan sabdanya:

عَلَيكُمْ بِسُنَّتيِ وَسُنَّةِ الخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ مِنْ بَعْدِي
Ikutilah tindakanku dan tindakan para khlafaurrasyidin setelah wafatku.

إن الله لا يجمع أمتي على ضلالة، ويد الله مع الجماعة، ومن شذَّ شذَّ إلى النار
Sesungguhnya Allah tidak akan mensepakatkan ummatku atas kesesatan. kekuasaan Allah beserta Al-Jama'ah (Kelompok Besar) dan barang siapa yang menyimpang maka dia akan menyimpang ke api neraka.

Dari 2 hadits ini sebenarnya sudah sangat jelas bagaimana kita bisa mengetahui golongan Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, dan sejak dulu secara turun menurun sahabat dan tabi'in dari yang kelompok paling besar itu mengikuti sunnah rasul dan terus berlanjut sampai kepada Syaikh Asy'ari dan Mutiridi dan terus berlanjut kepada para pengikutnya yang kemudian disebut Al-Asy'ariyah dan Maturidiyah.

Jika sudah mengikuti dan beri’tikad / keyakinan yang searah dengan keyakinan jamaah Asy'ariyah dan Maturidiyah. maka ia adalah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Kelompok yang keluar dari Asy'ariyah dan Maturidiah adalah kelompok yang keluar dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah seperti kelompok Wahhabiyah, Rafidlah, Mu'tazilah, Jahmiyah, Jabariah, Qadariah dan semua yang sepaham atau menyerupai Khawarij dan juga takfiri dan mujassimah bukanlah termasuk dari Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Sekian Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan. Semoga tulisan "Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan" ini bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga:
Wahabi Bukanlah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah Menurut Ulama Sedunia
Pengertian dan Asal Usul Jabariah dan Qadariah

Anda Sudah Membaca Artikel Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan Dengan Link http://lombabulanramadhan.blogspot.com/2016/10/pengertian-ahlus-sunnah-wal-jamaah-by.html
Mohon sertakan Link atau Tautan artikel Pengertian Ahlus Sunnah Wal Jama'ah By Lomba Bulan Ramadlan ini apabila anda ingin membagikan tulisan ini.
Link atau Tautan Dofollow untuk blog ini untuk menghargai karya penulisan orang lain.
Atas Perhatiannya saya ucapkan terima kasih banyak.

bagikan artikel ini ke › Facebook Twitter Google+
Posted by admin, Published at 15.29 and have 0komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar